PPJK adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa untuk mengurus segala sesuatu tentang kegiatan formalitas berkaitan dengan bea cukai atau kepabeanan. Perusahaan ini membantu eksportir dan importir untuk memenuhi semua kewajiban pabean, ini adalah semua kegiatan yang harus dilakukan ketika mengimport atau mengeksport barang agar hak-hak keuangan negara terpenuhi. Untuk mendirikan Perusahaan Pengurus Jasa Kepabeanan wajib memiliki izin dan tercatat di Kantor Bea dan Cukai setempat di samping harus memiliki jaminan yang bisa berwujud tunai maupun simpanan di bank. Ini adalah salah satu tulisan yang akan membahas lebih lanjut tentang ppjk, kepabeanan, jasa custom clearance, jasa customs clearance import, jasa import, pengertian bea cukai, nomor induk kepabeanan, jasa pengurusan barang import, kepabeanan adalah, proses custom clearance import.
Kembali pada perijinan pendirian usaha untuk jasa kepabeanan, kenapa harus ada jaminan? Karena perusahaan jasa ini mengurus barang impor yang wajib membayar pajak, sehingga jaminan tersebut untuk memastikan pengusaha yang mengajukan perijinan jasa pengurusan akan melunasi pajak-pajak tersebut.
Untuk dapat melakukan pengurusan jasa kepabeanan, PPJK wajib memiliki nomor identitas berupa Nomor Pokok Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (NPPPJK). Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 63/PMK.04/2011 tentang Registrasi Kepabeanan. Nah lho, apa sih registrasi itu? Secara bahasa orang kantor bea cukai, pengertian registrasi adalah kegiatan pendaftaran PPJK yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk mendapatkan nomor identitas berupa NPPPJK. Sebagai informasi tambahan, dengan adanya PMK Nomor 59/PMK.04/2014 tentang Registrasi Kepabeanan maka PMK Nomor 63/PMK.04/2011 tentang Registrasi Kepabeanan telah dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi, namun NPPJK yang telah dimiliki oleh PPJK masih berlaku.

Mengapa PPJK Penting?

Mungkin banyak perusahaan yang bisa melakukan hubungan langsung dengan perusahaan di luar negeri baik itu sebagai pemasok maupun sebagai klien. Namun pihak bea cukai yang bertugas untuk mengawasi semua kegiatan pengiriman barang dari dan ke luar negeri nampaknya benar-benar melakukan kewajibannya dengan membuat epraturan detail mengenai hal ini. Tidak semua perusahaan mampu dan memiliki sumber daya untuk mengurus kegiatan pabean yang juga sering disebut custom clearance. Disinilah peran Perusahaan Pengurus Jasa Kepabeanan sangat dibutuhkan. Perusahaan ini tentu saja memiliki sumber daya yang sangat ahli dalam bidang custom clearance, mereka akan menghemat waktu Anda dan melakukannya dengan mudah, cepat, transparan , efektif dan efisien. Apalagi jika didukung dengan komitmen untuk selalu update kahlian di bidang tersebut, seperti Metro Mandira Express, mengingat regulasi sangat cepat berubah mengikuti kondisi politik sebuah negara dan kaitannya dengan ekonomi global.
Bagi perusahaan yang ingin mengembangkan usaha dan melakukan kegiatan ekspor atau impor sendiri, namun masih ragu atau belum mampu menyelesaikan sendiri urusan penyelesaian kewajiban kepabeanan, perusahaan tersebut dapat meminta bantuan dan asistensi kepada PPJK untuk menyelesaikannya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp