Kepabeanan bisa jadi istilah yang mungkin tidak dipahami oleh masyarakat umum, namun sangat familier bagi mereka yang sering melakukan kegiatan jual beli ke mancanegara. Berasal dari kata pabean yang didefinisikan sebagai instansi (jawatan, kantor) yang mengawasi, memungut, dan mengurus bea masuk (impor) dan bea keluar (ekspor), baik melalui darat, laut, maupun melalui udara oleh Wikipedia. Jadi definisi lengkapnya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar. Berikut ini adalah salah satu artikel yang akan berisi semua informasi seputar ppjk, jasa custom clearance, jasa customs clearance import, jasa import, pengertian bea cukai, nomor induk kepabeanan, jasa pengurusan barang import, kepabeanan adalah, proses custom clearance import.

Daerah Pabean yang dimaksud adalah wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, perairan dan ruang udara di atasnya, serta tempat‑tempat tertentu di Zona Ekonomi Eksklusif dan landas kontinen yang di dalamnya berlaku Undang‑Undang Pabean.

Fungsinya sangat vital yaitu menyiapkan perumusan kebijakan departemen keuangan dan standarisasi teknis, pelaksanaan kebijakan, penyusunan standar, norma, pedoman, criteria dan prosedur dibidang kepabeanan dan cukai, pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang yang sama.

Dari fungsi dan tugas nya yang sangat vital, akan dibutuhkan ahli untuk memastikan semua kegiatan dan kewajiban terkait dilaksanakan dengan baik dan benar, sesuai regulasi yang telah ditetapkan. Ahli Kepabeanan, yaitu orang (perseorangan) yang telah diakui atau disertifikasi oleh pemerintah (dalam hal ini BPPK Kemenkeu) mempunyai pengetahuan dan skill di bidang kepabeanan. Sertifikat yang dimiliki oleh perorangan tersebut disebut dengan sertifikat ahli kepabeanan. Sertifikat tersebut juga populer disebut dengan sertifikat PPJK karena salah satu syarat pendirian PPJK saat ini memang harus mempunyai personil yang telah memiliki sertifikat ahli bidang tersebut. Semua orang dapat mengikuti ujian untuk menjadi ahli kepabeanan asalkan menguasai materi, tidak diharuskan mendaftar dari sebuah institusi pelatihan. Namun dapat dikatakan ujian ini tidaklah mudah, tidak ada jaminan lolos, bahkan jika Anda mengikuti kursus khusus. Inilah yang membuat keahlian bersertifikasi ini cukup dihargai oleh perusahaan-perusahaan swasta seperti perusahaan manufacture ekspor – impor, perusahaan pengurusan jasa kepabeanan (ppjk), perusahaan transportasi ekspor impor (freight forwarder,shipping lines, airlines, emkl, emku,dll), perusahaan pergudangan ekspor impor (bonded warehouse, dll), perusahaan international trading, Bank, dan lain sebagainya.

Sebuah perusahaan seperti PPJK diharuskan memiliki setidaknya satu orang ahli yang memiliki sertifikat resmi baru mendapatkan ijin menjalankan usaha. Dikarenakan ini membutuhkan keterampilan khusus maka ilmu ini pun mendapatkan perhatian cukup besar. Beberapa kursus bersertifikasi banyak ditemui. Setidaknya ini mempermudah masyarakat yang ingin memulai usaha dalam bidang ekpsor impor untuk beroperasi dan memenuhi kewajiban-kewajiban pabean.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp