Definisi Kepabeanan yang sesuai dengan UUD Pabean dan Perhubungan disebutkan kepabeanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan lalu lintas barang masuk dan keluar daerag pabean, serta pemungutan biasata masuk dan keluar.  selanjutnya kita akan membahas tentang wilayah dan kewajiban pabean sebagai bagian dari seluruh informasi tentang ppjk, jasa custom clearance, jasa customs clearance import, jasa import, kepabeanan, pengertian bea cukai, nomor induk kepabeanan, jasa pengurusan barang import, proses custom clearance import.

Daerah pabean adalah semua wilayah Indonesia yang meliputi darat air dan udara serta diatasnya ruang-ruang tertentu di zona ekonomi akslusif dan landas kontinen yang didalamnya berlaku UU Pebean.

Kawasan Pabean adalah kawasan dengan batas tertentu di pelabuhan laut, Bandar udara dan atau tempat lainnyayang ditetapkan untuk lalu lintas barang yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan bea cukai.

Kantor pabean adalag kantor yang ada di lingkungan dirjen be dan cukai. Disini adalah tempat dipenuhinya kewajiban pabeans esuai dengan ketentuan undang-undang. Semua kegiatan pemenuhan kewajiban dilakukan disini dari A sampai Z.

Kewajiban pabean adalah semua kegiatan yang diatur oleh undang-undang dasar kepabeanan untuk dipenuhi oleh pelaksana dan pemegang NIK dengan tujuan memperlancar kegiatan kepabeanan.

Bea masuk adalah biaya atau pajak atau pungutan yang dilakukan oleh negara berdasarkan undang-undang yang dikenakan terhadap barang yang masuk daerah pabean.

Bea keluar adalah biaya atau pajak atau pungutan yang dilakukan oleh negara berdasarkan undang-undang yang dikenakan terhadap barang yang keluar daerah pabean.

Daerah atau Kantor  Pengawasan Pabean Meliputi :

Kantor pabean adalah kantor dalam lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai digunakan sebagai tempat dipenuhinya kewajiban pabean sesuai dengan ketentuan Undang‑Undang ini.

Pos pengawasan pabean adalah tempat yang digunakan oleh pejabat bea dan cukai untuk melakukan pengawasan terhadap lalu lintas barang impor dan ekspor.

Impor adalah kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean.

Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean.

 

Semua istilah dalam bidang kepabeanan tersebut wajib dipahami oleh siapa saja yang melakukan kegiatan pengiriman barang baik ke maupun dari luar negeri. Masing-masing negara di dunia akan memiliki aturan dan undang-undang dalam bidang ini. Hampir tidak ada yang sama dalam detailnya mengingat setiap wilayah memiliki ciri khas masing-masing dalam hal kondisi alam, ekonomi, keamanan dan pertimbangan hal lainnya.

Seorang ahli kepabeanan akan dituntut untuk menguasai hal-hal tersebut, mengingat mereka adalah orang yang ditunjuk untuk mengamankan setiap kegiatan keluar masuk nya barang. Perusahaan yang menjalankan perdagangan internasional akan menggunakan perusahaan jasa untuk menjamin pendistribusian barangnya tepat waktu, efisien, efektif dan tidak melanggar hokum negara manapun.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp